red notebook on the table

2023: Apa yang Aku Inginkan

Sudah akhir Maret 2023. Mungkin bagi beberapa orang sudah menganggap basi membuat resolusi di tahun ini. Atau bahkan mungkin membuat resolusi juga sebuah hal basi?

Aku tidak ingin ambil pusing. Aku ingin tetap membuat resolusi di tahun ini. Entah itu akan dilaksanakan, atau hanya bertahan beberapa pekan saja, biar waktu yang menentukan.

Resolusiku tahun ini akan berpusat pada pengembangan diri dan bisnis. Jadi ini dia beberapa hal yang aku usahakan untuk terjadi di tahun 2023 ini.

Belajar (lagi) digital marketing

Salah satu hal yang aku “sesali” adalah, tidak melakukan supervisi secara detil terhadap tim. Hasilnya, metriks yang perusahaan tetapkan stagnan, tidak berkembang. Oleh karena itu, di tahun ini aku ingin kembali mendalami ilmu-ilmu di dunia digital marketing yang sudah jauh berkembang.

Mulai serius main Media Sosial

Jujur saja, aku masih menganggap akun media sosial pribadi bukanlah yang penting-penting amat. Jadi tidak perlu ada content planner, guideline, goal dll. Jadi kalau ingin posting ya posting, suka-suka ajalah! Caption, konten dan strategi tidak dipikirkan.

Di tahun 2023 ini, aku ingin sekali serius bermain di media sosial, terutama Instagram dan TikTok. Kenapa?

Karena aku yakin, dengan diurusinya secara serius akun media sosial pribadi, itu akan berimbas pada perkembangan bisnis yang aku jalani sekarang.

Ya meskipun, aku harus banyak mengejar ketertinggalan dari anak-anak gen-Z yang super kreatif. But, lets try!

Membangun Blog dengan target market luar

Eksistensiku di dunia maya berawal dari blog berbahasa Inggris. Aku bisa bertahan hidup hingga membuat bisnis berskala UMKM ini juga berasal dari sana. Oleh karena itu, aku ingin kembali memiliki blog yang menargetkan pasar luar negeri.

Ada beberapa alasan mengapa hal ini menjadi tujuanku di tahun ini.

Pertama, blog dengan target market luar memiliki potensi ekonomi yang jauh lebih besar dibandingkan blog berbahasa Indonesia. Aku membandingkan hal tersebut selama bertahun-tahun, mulai dari AdSense, guest post hingga affiliate.

Secara kasar, perbandingan pendapatan antara blog market luar dengan market dalam negeri, bisa 1:10. Bahkan dengan statistik jumlah pengunjung yang jauh berbeda.

Alasan kedua, aku tidak mau melupakan root ku sebagai Blogger, meskipun di era sekarang, istilah blogger mungkin sudah usang dan tidak dikanel lagi.

Rajin olahraga (lagi)

Yah, ini sudah jelas sih. Sebuah resolusi yang selalu hadir di setiap tahun, namun selalu kandas ketika menginjak bulan kedua. Tapi kenapa?

Aku orangnya suka jalan-jalan ke suatu tempat dan mencoba berbagai kuliner di sana. Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh harus dibarengi dengan olaharaga agar optimal. Jadi, olahraga rutin akan menjadi hal yang harus kulakukan di tahun ini.

Targetnya sih gak muluk, cukup bisa menutup tiga lingkaran di Apple Watch setiap hari.

Belajar bahasa

Jika kalian sudah membaca tulisanku yang ada di sini, tentu kalian akan paham kenapa aku ingin banyak belajar. Ya, karena terlalu lama membiarkan otak nganggur itu gak enak banget! Jadi ya kuputuskan untuk kembali belajar.

Selain digital marketing, aku memutuskan untuk belajar bahasa. Kenapa? karena kemampuan berbahasaku sepertinya jelek, jadi aku tertantang untuk itu.

Rencananya sih ingin belajar bahasa Inggris dan Jepang di tahun ini. Meskipun tertarik juga mendalami bahasa Indonesia dan Jawa.

Fokus ke bisnis utama

Aku memiliki bisnis UMKM dibidang digital marketing, dan ini baru berlangsung selama 2 tahun. Di 2 tahun pertama itu, terkadang aku tergoda untuk menjalankan bisnis diluar bidang digital marketing. Di tahun ini, aku ingin lebih fokus pada area tersebut.

Digital marketing memiliki area yang cukup luas untuk dieksplorasi, oleh karenanya,fokus hanya di industri ini saja menjadi keputusanku di tahun ini. Entah tahun depan.

Rajin baca buku (lagi)

Saat kuliah, aku bisa menghabiskan satu buku dalam satu hari. Sekarang, satu tahun satu buku saja sudah merupakan keajaiban.

Membaca buku adalah kebiasaan baik, dan aku ingin kembali bisa rajin membaca buku. Paling tidak satu buku satu bulan.

Aku sudah mendaftar buku-buku apa saja yang ingin kubaca tahun ini. Semoga saja resolusi ini bisa terlaksana dengan baik dan menyenangkan.

Update blog rutin

Blog ini, sudah kumiliki cukup lama. Akan tetapi, update tulisannya sangat jarang, bisa satu tahun sekali. Padahal beberapa tahun yang lalu, aku bisa membuat satu hari satu tulisan di blog.

Sama seperti membaca buku, kebiasaan menulis ini ingin aku bangkitkan kembali. Meskipun bukan satu hari satu artikel, tapi paling tidak, setiap minggu aku bisa menerbitkan 2-3 artikel di blog ini.

Finansial lebih tercatat

Ini merupakan harapanku sejak lama. Aku ingin menjadi orang yang rapi dalam hal mencatat keuangan, baik pemasukan maupun pengeluaran.

Goal nya adalah, aku ingin tahu di pos mana paling sering membelanjakan uang. Apakah untuk kuliner, funvestment ataukah investasi.

Tahun ini aku cukup rajin mencatat pengeluaran dan pemasukan menggunakan aplikasi Money Lover. Harapanku, itu akan berlangsung rutin sepanjang tahun ini.

Nah itulah beberapa resolusiku yang ternyata cukup banyak. Semoga kuat dan bisa konsisten dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top