5 Cara Membuat Website Authority, Pasif Income Bukan Impian

Facebook
Twitter
LinkedIn

Ketika kita ngomongin soal internet marketing, salah satu aset digital favoritku adalah website authority. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat website terpercaya?

Di artikel kali ini, aku ingin membagikan strategi bagaimana membuat website authority sebagai aset digital mulai dari nol!

Web authority ini merupakan salah satu aset digital andalanku sebagai orang yang mencari mata pencaharian di dunia internet marketing.

Aset digital yang apabila sudah mendapatkan tempatnya di mata pengunjung dan mesin pencari, maka website authority tersebut bisa menjadi pasif income.

Apa itu Web Authority?

Jika kalian googling mengenai istilah website authority, kalian bakal menemukan banyak penjelasan dan pendekatan yang berbeda. Bahkan ada yang menilai suatu web itu layak mendapatkan authority berdasarkan domain rating.

Itu tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi, pada tulisan kali ini, web authority merunut pada sebuah web yang dipercaya baik oleh pengunjung maupun mesin pencari.

Bagaimana cara monetasi?

Ada banyak peluang untuk memonetasi website, diantaranya:

AdSense

Ini adalah cara paling mudah untuk mendapatkan uang dari website. Bahkan berkat para YouTuber seleb, AdSense menjadi lebih banyak dipahami oleh orang-orang yang tidak mengerti internet marketing.

AdSense merupakan layanan iklan dari Google. Singkatnya, kita cukup mendaftarkan website kita, dan ketika sudah disetujui oleh Google, kita tinggal memasang kode yang diberikan ke website, otomatis iklan dari AdSense akan muncul.

Afiliasi

Apa itu afiliasi? secara sederhana, aku menyebutnya makelar online. Kita akan mendapatkan uang dari hasil penjualan yang terjadi.

Jujur saja, bagiku ini cukup sulit, tapi ini duitnya banyak jika kalian bisa menguasai strateginya. Banyak orang-orang yang berkecimpung di dunia internet marketing bisa mendapatkan 6-figures karena afiliasi.

Banyak brand dan ecommerce yang sudah menggunakan metode ini untuk pemasaran produk mereka.

Jualan produk

Jika website yang kalian miliki sudah dipercaya oleh pengunjung, maka langkah selanjutnya adalah menjual produk sendiri. Tak perlu setor data pelanggan dan berbagi keuntungan dengan eCommerce.

Hal ini pernah kulakukan juga di website idWinPhone, aku bisa menjual ribuan kaos khas idWinPhone.

Sponsored Post

Saat ini banyak brand yang mencari website yang memiliki metrik bagus. Brand menginginkan produk mereka dikenal lebih luas. Sampai saat ini, sponsored post masih menjadi pendapatan rutinku sebagai internet marketer.

Display Ad

Sama seperti Google AdSense, tapi biasanya duitnya lebih besar, dan prosesnya lebih panjang dibandingkan dengan AdSense.

Kita harus memiliki website dengan metrik mumpuni agar brand mau memasang banner langsung di website.

Sebenarnya banyak sekali peluang monetasi dari website yang memiliki authority bagus, tidak hanya dari yang aku sebutkan di atas. Daftar peluang mencari uang dari sana bisa terus bertambah.

Keuntungan Web Authority

Ada banyak keuntungan yang aku dapatkan saat memiliki web authority, bahkan saat itu aku menjadikan keuntungan dari website sebagai modal ekspansi ke bisnis digital lainnya. Membuat website bisa menjadi pekerjaan tetap, bukan hanya sampingan saja.

Aset yang berkembang

Nilai website diukur dari banyak pengunjung, jumlah konten dan nama domain. Semakin lama kita memiliki website yang diatur dengan baik, maka aset digital kita akan bertambah.

Singkatnya, semakin sering kita mengisinya dengan konten, memoles SEO dan mendapatkan authority bagus di mata pengunjung dan mesin pencari, maka nilai website kita semakin tinggi setiap harinya.

Pasif income

Aku tidak akan memberikan janji surga, toh lebih banyak website yang gagal dibandingkan berhasil. Pepatah no pain no gain berlaku di sini. Tapi begitu website kita sudah mendapatkan tempatnya, pasif income hanyalah menunggu waktu.

Hampir setiap hari aku mendapatkan job seperti sponsored post, advertorial, banner placement dll tanpa harus sebar-sebar proposal ke calon klien.

Exit strategy

Seandainya, suatu saat kita ingin pensiun, atau butuh uang cash buat membeli sesuatu, kita bisa menjual website dengan mudah.

Ada banyak layanan jual-beli aset digital seperti Flippa yang bisa digunakan untuk menjual website.

Jadi bisa dikatakan bahwa website yang bagus merupakan aset digital yang tidak bisa dipandang remeh.

Kelemahan situs Authority

Setelah membahas keuntungan, saatnya membicarakan kekurangan dari membuat website authority.

Butuh waktu

Membuat website yang bagus membutuhkan waktu, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak uanmg, waktu dan tenaga yang harus diinvestasikan. Namun hasilnya akan terbayar jika kita benar-benar serius untuk membangunnya.

Ingat, jangan pernah beranggapan bahwa semua yang ada di internet itu bisa dibangun dengan gratis! website yang baik membutuhkan biaya untuk membuat dan merawatnya.

Begitu website yang kamu buat sudah dipercaya oleh pengunjung dan mesin pencari, selamat! kamu punya pasif income yang bisa diandalkan.

Pekerjaan sama yang terus-menerus

Mungkin kalian pikir, jika membuat website dengan tema yang kita senangi maka kalian tidak merasa bosan? tentu saja tidak.

Kalian harus menulis setiap hari, mencatat analitik, riset keyword, SEO, mencari backlink dan banyak lagi aktivitas sama yang harus kalian kerjakan setiap hari.

Seberapapun besar passion dan hobi kalian terhadap tema tersebut, jika melakukan pekerjaan sama yang diulang-ulang, rasa bosan pasti akan segera datang. Terlebih lagi jika perkembangan metrik dari website tidak seperti yang diinginkan.

Dan selalu ingat, hobi jika sudah menjadi pekerjaan, maka tidak lagi menyenangkan.

Jika kalian memiliki modal uang yang cukup, kalian bisa membayar tim/freelance untuk melakukan tugas tersebut. Namun, jika kalian baru merintis dan memiliki modal terbatas, maka, mau-tidak mau harus melakukan hal-hal tersebut sendiri.

Cara-cara membuat website authority

Ada beberapa tahap yang diperlukan untuk membuat website authorty, dan setiap tahapnya memiliki tingkat kesulitan yang beragam.

Perlu dipahami, pada setiap tahap tidak selalu berkaitan. Maksudnya, jika website memiliki pengunjung banyak, belum tentu juga penghasilannya besar, dll.

Jadi apa saja tahap tersebut:

Mencari trefik

Ini adalah langkah awal untuk menjadikan sebuah website dipercaya oleh banyak orang. Ada banyak cara bagaimana mencari orang agar mau mengunjungi webiste. Beberapa cara yang aku lakukan adalah melalui SEO, media sosial dan iklan berbayar.

SEO membutuhkan waktu namun bisa bertahan lama, media sosial cukup cepat untuk mendatangkan pengunjung, namun tidak bisa bertahan lama, sedangkan iklan berbayar bisa instant mendapatkan pengunjung namun dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Monetasi

Bagian krusial ketika kita membuat bisnis. Monetasi adalah kunci agar website kita mampu bertahan. Beruntungnya, ada banyak cara monetasi di internet. Beberapa diantaranya adalah AdSense, afiliasi, banner, backlink, sponsored post dll.

Saranku, jika websitemu mentarget audiens spesifik (contoh: pecinta kucing, penggemar sneaker) maka monetasi awal yang bisa dilakukan adalah afiliasi. Namun jika target websutemu lebih umum (contoh: berita) maka AdSense lebih cocok untuk monetasi awal.

Buat dan Kembangkan Audiens

Langkah yang cukup advance, tapi jika bisa memetakan demografi pengunjung website dengan detil, kita akan lebih mudah dalam menentukan konten yang mereka suka atau produk yang mereka ingin beli.

Bikin dan jual produk sendiri

Jika website-mu sudah mencapai level ini, berarti kalian sudah memiliki pengunjung loyal. Tentu saja dibutuhkan data dan riset yang memadai sebelum membuat produk untuk dijual di website. Jadi pastikan kalian melalui langkah di atas terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjual produk sendiri.

dan masih banyak lagi…

Membangun bisnis menggunakan website akan banyak sekali daftar-daftar yang harus dilakukan. Jadi kita sebagai pemilik harus jeli dan selalu melakukan riset agar website selalu relevan di setiap generasi, entah dari sisi konten ataupun algoritma dan marketing.

Dari beberapa poin di atas, aku berencana untuk membahasnya lebih detil di artikel-artikel berbeda. Jadi silakan subscribe dengan memasukkan alamat email kalian di bawah agar menjadi yang pertama ketika aku mempublikasikan artikel terbaru.

More to explorer

Kartu Pokemon Bisa Bikin Kaya Raya: Begini Caranya

consequat. Apakah kalian berfikir, kartu Pokemon bisa menjadikan cuan berlipat-lipat? Ini adalah artikel pertamaku tentang Funvestment. Apa itu funvestment? sebuah kata yang aku ciptakan sendiri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top